Selasa, 08 Mei 2018

Dinegara Berbendera Biru Kuning

Klub berita sepak bola indonesia terakhir yang baru saja dibela oleh henrikh mkhitaryan selama kurang dari satu (1) bulan adalah arsenal, dimana ia baru mampu mencatatkan satu (1) pertandingan saja bersama the gunners. Kala itu, pemain sepakbola profesional yang lahir di yerevan, armenia SSR, uni soviet tanggal dua puluh satu (21) bulan januari tahun seribu sembilan ratus delapan puluh sembilan (1989) silam ini langsung tampil moncer dengan menyumbangkan tiga (3) buah asis alias umpan yang berbuah gol dan membantu arsenal menghancurkan everton asuhan david moyes dengan skor akhir fantastis tujuh satu (7 - 1). Kepindahan henrikh mkhitaryan ke klub yang berbasis di london utara ini sendiri terjadi setelah pihak manchester united menyatakan minat mereka terhadap sosok alexis sanchez, penyerang asal cili yang kala itu masih memperkuat arsenal dan sebagai gantinya, pelatih arsene wenger meminta kubu the red devils untuk menyerahkan henrikh mkhitaryan sebagai alat barter. Terbukti perjanjian seperti ini berujung baik bagi kedua belah pihak, terutama the gunners bola didalam gawang lawan.


Jadi jika statistik karir seorang henrikh mkhitaryan dijumlahkan dari level klub hingga tim nasional armenia, maka pemain sepakbola profesional yang memiliki tinggi badan seratus tujuh puluh delapan sentimeter (178 cm) dan berposisi sebagai gelandang serang ini berhasil menggelontorkan seratus tujuh puluh empat (174) buah gol dari total penampilannya sebanyak lima ratus dua belas (512) kali diseluruh kompetisi berita bola dunia. Angka ini sama sekali tidak jelek meskipun usianya sudah hampir berkepala tiga lantaran harus diingat juga bahwa henrikh mkhitaryan adalah seorang gelandang serang yang biasanya ditugaskan untuk menyokong pergerakan serta performa seorang penyerang didepannya. Seperti yang legenda sepakbola skotlandia bernama pat nevin pernah katakan bahwa apabila henrikh mkhitaryan utamanya berposisi sebagai penyerang maka bukan tidak mungkin jika angka itu bisa terus menerus bertambah skuadnya menghadapi musim baru.


Setelah membahas mengenai kehidupan pribadi dari seorang henrikh mkhitaryan, sekarang kita akan beranjak ke statistik karir berita bola dari punggawa tim nasional armenia yang sempat membela borussia dortmund, manchester united, shakhtar donetsk, dan sekarang arsenal ini ditingkat klub. Ketika masih mengenakan seragam klubnya yang pertama yakni pyunik football club, henrikh mkhitaryan mampu menggelontorkan tiga puluh lima (35) buah gol dari delapan puluh tujuh (87) kali dirinya tampil mengolah si kulit bundar diatas lapangan hijau memperkuat klub ukraina itu sedari tahun dua ribu enam hingga dua ribu sembilan (2006 - 2009) silam. Angka ini bisa dibilang cukup tinggi mengingat seorang henrikh mkhitaryan yang kala itu masih terhitung muda dan juga belum memiliki banyak pengalaman, dan dari sinilah kelihaiannya semakin diperhitungkan terutama dinegara berbendera biru kuning tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar