Kamis, 12 April 2018

Turun Membantu Pertahanan Tim

Pelatih asal italia lainnya bernama marcelo lippi juga sempat mempekerjakan dua orang playmaker berita bola indonesia sekaligus dalam sebuah laga secara bersamaan dan pelatih yang memiliki rambut putih ini bahkan sempat membawa tim nasional italia menjuarai pergelaran piala dunia tahun dua ribu enam (2006) silam yang digelar oleh FIFA selaku federasi yang mengepalai seluruh organisasi sepakbola didunia. Kala itu, marcelo lippi menurunkan seorang francesco totti yang bertugas untuk menciptakan dan mengkreasikan serangan dibelakang dua (2) orang penyerang sehingga ia bertugas sebagai gelandang serang. Selanjutnya andrea pirlo ditempatkan pada posisi playmaker yang agak menjorok kedalam sebagai gelandang bertahan dan skema formasi seperti ini sangat jitu baik dalam bertahan maupun menyerang. Tentu kita semua tahu seperti yang sempat dijelaskan dibeberapa artikel sebelumnya bahwa italia memiliki gaya bermain yang sangat defensif dan itu adalah identitas sepakbola mereka yang tidak boleh dihilangkan, inilah sebab mengapa saat itu tidak banyak yang mampu mengantisipasi gianluigi buffon dan kawan - kawan lebih dari satu peran.



Dilain sisi, mantan pelatih tim nasional italia dimasa lampau bernama ferruccio valcareggi sempat menciptakan sebuah strategi berita bola dunia yang berbeda bahkan tidak ada kemiripannya dengan yang selama ini diterapkan oleh tim negara spaghetti tersebut dimana didalam strategi yang satu ini ferruccio valcareggi menggunakan dua orang playmaker untuk mengatur serangan italia dan membawa negara tersebut mencapai babak final piala dunia tahun seribu sembilan ratus tujuh puluh (1970) silam, dimana pada akhirnya mereka harus takluk dengan skor sangat mencolok atas wakil kuat dari amerika selatan sekaligus pemegang trofi piala dunia terbanyak, brasil. Brasil sendiri telah mengoleksi lima (5) buah trofi yang sangat bergengsi ini namun belakangan performa mereka semakin menurun walaupun kualitas individu para pemainnya tetap berada pada level tertinggi, hanya taktik yang diterapkan kurang efektif daya adaptasi yang tinggi.



Ferruccio valcareggi sendiri saat itu percaya bahwa sandro mazzola dan juga gianni rivera yang sama - sama merupakan playmaker handal dan sangat berpengaruh terhadap dunia sepakbola tidak akan cocok dimainkan secara bersama - sama dalam satu buah pertandingan berita bola dan juga mereka memiliki sifat maupun karakteristik yang sangat berlawanan. Hal ini juga disebabkan oleh klub mereka masing - masing yang saling bersaing satu sama lain diliga domestik yakni inter milan dan juga ac milan, ditambah lagi ferruccio valcareggi juga merasa bahwa menggunakan dua orang pengatur serangan tersebut bersamaan dengan penyerang tajam luigi riva dan roberto boninsegna mampu memecah keseimbangan tim yang ada terutama pada jajaran starter. Gianni rivera sendiri terkenal akan kurangnya kemampuan atletik yang dimiliki tidak seperti sandro mazzola misalnya dan juga ia tidak sering turun membantu pertahanan tim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar