Rabu, 11 April 2018

Daya Adaptasi Yang Tinggi

Kemudian ada juga variasi dari playmaker atau pengatur serangan lainnya yang fungsinya jika dilihat agak mirip apabila dibandingkan dengan playmaker tingkat lanjut yang telah dijelaskan pada beberapa artikel berita bola indonesia terdahulu, sering juga disebut dengan istilah "sembilan setengah" (9 1/2). Nomor punggung sembilan (9) ini sendiri biasanya dikenakan oleh penyerang tengah yang tugasnya sangatlah sederhana secara teori, yakni menunggu kesempatan emas dan mendapatkan operan ataupun umpan dari rekan setim untuk kemudian menggelontorkan gol kedalam gawang lawan serta disaat pemain seperti ini dibutuhkan, mereka akan mengacak - acak lini pertahanan lawan. Akan tetapi dengan peran yang satu ini biasanya mereka juga lagi - lagi tidak berperan sebagai penyerang murni namun melakukan operan ataupun juga umpan mematikan kepada rekan setimnya dan alhasil mampu mengecoh pemain bertahan lawan yang melakukan marking atau pembayangan terhadap dirinya. Contohnya disini adalah punggawa tim nasional perancis dan real madrid, karim benzema yang sering memberikan peluang kepada cristiano ronaldo sekarang adalah zinedine zidane.



Gelandang tengah seperti misalnya bastian schweinsteiger dan toni kroos yang keduanya asal jerman dan pernah membela bayern munchen sebelum masing - masing hengkang ke manchester united dan real madrid, ditambah paul pogba punggawa perancis yang masih muda dan sempat memecahkan rekor transfer dari juventus ke manchester united sering kali dimainkan dibagian tengah lapangan dan memiliki tugas berita bola dunia yang jumlahnya lebih dari satu, baik sebagai gelandang bertahan yang berposisi didepan kotak pinalti sendiri dan juga pengkreasi serangan. Toni kroos sendiri juga malah sering diberikan posisi sebagai gelandang serang oleh pelatih zinedine zidane lantaran dirinya memiliki kemampuan mengoper yang sangat impresif dan juga kelihaian menggiring bola yang tidak jelek, walaupun harus diakui masih sedikit dibawah level luka modric dan ia hanya mengandalkan operan di delapan (8) penjuru saja untuk menuruti kemauan minoritas.



Playmaker jenis pertama yakni tingkat lanjut juga bisa menjalankan tugasnya sebagai seorang pengatur serangan dengan posisi yang berada dibagian sayap, sebuah posisi yang pada dasarnya memiliki area cakupan lebih luas dan lebar atau juga sebagai gelandang maupun bek sayap atau setidaknya sebagai penyerang yang tidak benar - benar berada ditengah seperti striker. Playmaker berita bola seperti ini sendiri juga sering kali digunakan dalam sebuah formasi empat tiga tiga (4-3-3) atau empat dua tiga satu (4-2-3-1), dimana kedua jenis formasi ini sangat terkenal beberapa tahun yang lalu namun belakangan ini kebanyakan pelatih hanya menempatkan tiga orang pemain bertahan atau bek saja dan memanfaatkan strategi 3-4-3 atau 3-5-2 lantaran fleksibilitas dan daya adaptasi yang tinggi. Skema permainan ini sempat menjadi terkenal setelah dipopulerkan oleh antonio conte yang membawa chelsea juara liga primer inggris dimusim pertamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar