Senin, 02 Juli 2018

Tidak Sehebat Klub Lain

Lalu setelah hengkang dari as monaco, arsene wenger mencoba peruntungannya dinegara lain dengan melatih klub sepakbola asal jepang, nagoya grampus eight yang berlaga di J League sana. Bersama nagoya grampus eight ini, arsene wenger berhasil menjuarai dua buah trofi berita sepak bola indonesia yakni piala emperor (raja) dan juga piala super jepang selama dua tahun (2) dirinya tinggal dinegeri sakura tersebut. Kompetisi sepakbola dijepang sendiri standarnya juga cukuplah tinggi terutama untuk kawasan asia, dimana mereka sangat mengedepankan kualitas pendidikan sedari usia muda. Tengok saja misalnya shinji kagawa dan yuto nagatomo, punggawa borussia dortmund dan inter milan yang sama - sama dianggap vital bagi klub mereka masing - masing. Namun sekarang ini korea selatan dan terutama cina juga bisa cukup bersaing dalam hal kualitas lantaran mereka, terutama liga cina sanggup mendatangkan pemain eropa dan amerika selatan layaknya paulinho berlaga diliga lokal perancis.


Para kritikus serta pengamat sepakbola sendiri telah memberikan apresiasi kepada sosok seorang arsene wenger lantaran berbagai macam kontribusinya yang sempat melakukan revolusi besar - besaran pada dunia pesepakbolaan ditanah ratu elizabeth tersebut disekitar akhir tahun seribu sembilan ratus sembilan puluhan (1990an) yang lalu. Ketika itu, arsene wenger memperkenalkan banyaknya perubahan pada pola latihan serta pola makan dan kegiatan yang dijalani oleh para pemain asuhnya di arsenal dan inilah sebab mengapa arsenal sempat mendominasi dunia pesepakbolaan berita bola domestik di inggris pada awal tahun dua ribu (2000) yang mana waktu itu pemain legendaris mereka, thierry henry serta frederick ljungberg dan tidak ketinggalan robert pires ditambah dennis bergkamp sanggup mencatatkan sejarah kemenangan beruntun diliga lokal sebelum akhirnya dipecahkan oleh manchester city dibawah bimbingan josep pep guardiola belakangan ini mereka mencapai titik terendahnya.


Setahun berselang, arsenal dibawah kepelatihan seorang arsene wenger sanggup menjuarai gelar liga primer inggris dan juga piala FA lagi ditahun dua ribu dua (2002) berkat strategi berita bola dunia yang sangat apik dan mengandalkan talenta terbaik dunia yang saat itu mereka miliki. Selain itu, arsene wenger juga mampu membuat klub berjuluk the gunners tersebut mempertahankan titel piala FA setahun berselang dan hal ini sangatlah membanggakan baik bagi dirinya secara pribadi maupun untuk seluruh penggemar klub yang bermarkas di london utara itu. Sama seperti kebanyakan pemain, setiap pelatih juga memiliki masa - masa terindah mereka masing - masing dan arsene wenger bisa dikatakan telah melalui masa tersebut namun belakangan ini arsenal juga kerap memboyong pemain dengan reputasi terkenal seperti mesut ozil dan alexis sanchez, walaupun raihan trofi mereka juga tidak sehebat klub lain di inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar