Senin, 30 Juli 2018

Dalam Laga Adu Pinalti

Pada tanggal dua puluh sembilan (29) bulan juni berikutnya pada babak enam belas (16) besar piala dunia tahun dua ribu empat belas (2014) kosta rika harus berhadapan melawan wakil eropa, yunani. Disini keylor navas mampu mencatatkan namanya sebagai man of the match alias pesepakboal terbaik pada laga berita bola indonesia tersebut setelah pemain sepakbola yang lahir tanggal lima belas (15) bulan desember tahun seribu sembilan ratus delapan puluh enam (1986) silam di perez zeledon, kosta rika itu mampu melakukan beberapa penyelamatan gemilang dibabak normal dan juga menepis tendangan pinalti theofanis gekas dalam babak pinalti. Hasil positif ini berhasil membuat kosta rika mampu melaju kebabak perempat final piala dunia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, sebuah hasil yang sangat mengejutkan banyak pihak tidak terkecuali mereka sendiri. Yunani sendiri tidak boleh diremehkan karena mereka sempat menjuarai piala eropa alias euro pada tahun dua ribu empat silam (2004) meskipun belakangan ini prestasi negara para dewa itu semakin memburuk diseluruh kompetisi mencari pesepakbola berusia muda.


Saat itu, keylor navas ditunjuk sebagai penjaga gawang pilihan utama oleh pelatih deportivo saprissa yang secara kebetulan juga merupakan dua (2) musim terakhirnya bersama deportivo saprissa. Secara keseluruhan, pemain sepakbola yang memiliki tinggi badan seratus delapan puluh lima sentimeter (185 cm) dan berposisi sebagai penjaga gawang ini mampu menjuarai enam (6) pergelaran nasional serta mampu membawa negaranya kosta rika menjadi juara piala CONCACAF ditahun dua ribu lima (2005) silam, sebuah prestasi yang patut dibanggakan mengingat keylor navas juga belum lama dipromosikan ke tim inti sebagai kiper utama timnya kala itu. Biasanya negara atau tim yang menjuarai sebuah turnamen berita bola dunia memang akan diincar oleh banyak pencari bakat klub besar, terutama dari benua eropa sana lantaran nama mereka yang belum terkenal berarti bandrol harganya juga masih belum tinggi dan bisa dikembangkan bakatnya menentukan arah masa depan.


Pada tanggal tiga (3) bulan agustus tahun dua ribu empat belas (2014) berikutnya, raksasa la liga spanyol dan eropa real madrid memutuskan untuk mengaktifkan klausul pembelian seorang keylor navas dari levante yang harganya mencapai sepuluh juta (10.000.000) euro, atau kurang lebih sekitar seratus enam puluh milyar (160.000.000.000) setelah diubah kedalam nilai rupiah indonesia. Bersama dengan real madrid, punggawa tim nasional kosta rika tersebut menandatangani kontrak kerjasama berita bola dengan durasi selama enam (6) tahun lamanya dan memang sangat umum bagi penjaga gawang untuk diberikan kontrak dengan durasi yang lama dibandingkan pemain sepakbola pada posisi lainnya lantaran usia sejatinya tidak terlalu berpengaruh terhadap kemampuan mereka, malah ada yang mengatakan bahwa semakin tua seorang kiper maka semakin bagus karena ia akan memiliki banyak pengalaman terutama dalam laga adu pinalti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar