Selasa, 03 Juli 2018

Mereka Harus Melakukan Rotasi

Contoh dari perubahan posisi radikal yang dilakukan oleh arsene wenger terhadap para anak asuhnya di nancy ini adalah eric bertrand, seorang penyerang yang dibeli oleh manajemen klub berita sepak bola indonesia dari tim lain di divisi yang lebih rendah diubah posisinya menjadi bek tengah. Kemudian pada akhir masa kepelatihan arsene wenger di nancy ini, eric di meco juga bahwa diganti posisinya dari sayap kiri menjadi bek sayap, sebuah peran dimana namanya mirip namun tugasnya berbeda sangat jauh. Pelatih arsenal yang lahir tanggal dua puluh dua (22) bulan oktober tahun seribu sembilan ratus empat puluh sembilan (1949) ini memang benar - benar layaknya seorang profesor di laboratorium pribadinya dengan para pemain sebagai kelinci percobaannya, dimana ia melakukan banyak eksperimen guna mencari - cari formula dan rumusan yang tepat guna menutup lubang serta kekurangan yang dimiliki oleh tim. Disamping itu, kebiasaannya dalam menggonta - ganti peran seperti ini juga terbukti ampuh dalam membuat lawan bingung karena strategi yang diterapkan tidak pernah sama dari satu laga ke laga lain telah dimainkan oleh lawannya.


Namun pihak klub nancy sendiri tetap terbelit dengan permasalahan finansial atau keuangan yang memaksa mereka menjual beberapa pemain terbaik berita bola dunia yang dimiliki untuk menutup permasalahan tersebut. Keputusan manajemen ini juga memberikan dampak langsung kepada arsene wenger, dimana sebagai pelatih ia lagi - lagi tidak mendapatkan pendanaan yang cukup untuk membangun sebuah tim yang kuat dengan kualitas pemain prima. Pada akhirnya, seorang arsene wenger pun tidak bisa bersaing dengan tim lain apalagi ia berlaga di ligue 1 perancis yang merupakan tempat dimana jawara domestik berlaga dan harus puas melihat timnya nancy menyelesaikan musim sepakbola diperingkat ke sembilan belas (19) dan terdegradasi keligue 2. Salah satu contoh pelatih lain yang mampu mengangkat derajat tim kasta kedua adalah josep pep guardiola yang sanggup membuat tim barcelona b naik dari divisi kelima menjadi divisi kedua tidak sehebat klub lain.


Begitu nancy sudah dipastikan akan terdegradasi, arsene wenger pada akhirnya diperbolehkan untuk pergi meninggalkan klub berita bola tersebut oleh pihak manajemen atas kesepakatan dan persetujuan bersama. Kemudian pada tahun seribu sembilan ratus delapan puluh tujuh (1987), pelatih berambut putih yang sempat membawa arsenal menjuarai liga primer inggris dengan tidak terkalahkan sama sekali tersebut akhirnya bergabung dengan as monaco yang sebenarnya tidak terletak di perancis namun negara lain dengan bendera yang sama dengan indonesia, monako. Kepindahan pelatih memang merupakan sesuatu yang lumrah terjadi walaupun frekuensi dan intensitas kejadiannya tidaklah sebesar pemain yang mengolah si kulit bundar diatas lapangan hijau karena memang dalam satu klub hanya dibutuhkan satu pelatih saja tidak seperti pemain yang minimal ada sebelas (11) ditambah lagi seluruh pemain cadangan jika sewaktu - waktu mereka harus melakukan rotasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar