Selasa, 27 Maret 2018

Melambungkan Namanya Ke Udara

Pada awal masa kepelatihannya mengasuh pemain berita bola mengolah si kulit bundar diatas lapangan hijau, jose mourinho sempat mencetak catatan kemenangan yang cukup impresif meskipun tidak berjalan dengan lama. Saat itu, juru taktik yang menangani raksasa liga primer inggris dan dunia manchester united ini sempat melatih benfica dan juga uniao de leiria. Bersama klub kedua tadi, jose mourinho mampu mengantarkan uniao de leiria menyelesaikan pergelaran liga portugal pada peringkat tertinggi mereka diklasemen akhir sepanjang sejarah namun pada awal tahun dua ribu dua (2002) setelahnya, jose mourinho memutuskan untuk pulang kembali ke porto football club sebagai pelatih kepala juga dimana ia mampu membawa tim yang sempat diperkuat oleh hulk asal brasil ini memenangkan liga primeira, taca de portugal, serta yang paling bergengsi adalah trofi juara liga champions eropa ditahun dua ribu tiga (2003) dianggap sangat sentral peranannya.



Memasuki musim berita bola dunia berikutnya, jose mourinho mampu membawa porto football club yang diasuhnya kala itu menjuarai pergelaran supertaca candido de oliveira disamping juga menjadi pemuncak klasemen akhir liga primeira portugal untuk kedua kalinya secara beruntun serta memenangkan pergelaran liga champions eropa, sebuah gelar yang paling bergengsi ditingkat klub benua biru tersebut. Porto football club sendiri kala itu bisa dibilang memiliki materi pemain yang mampu bersaing dengan raksasa eropa lain lantaran kekuatan uang atau finansial belum sekuat sekarang ini dan kala itu, pelatih yang sempat mengantarkan inter milan meraih treble alias raihan tiga (3) buah gelar dalam semusim itu sanggup menghempaskan as monaco dipartai puncak setelah mengalahkan berbagai macam tim besar seperti real madrid dan arsenal. Walaupun begitu kekuatan mereka sekarang ini sudah jauh lebih lemah yang lahir di perancis.



Selanjutnya ditahun berikutnya, jose mourinho memutuskan untuk hengkang ke raksasa liga primer inggris chelsea yang kala itu memang tengah memasuki masa perombakan besar - besaran setelah diambil alih oleh penguasa minyak dan gas asal rusia, roman abramovich. Dimusim pertamanya, seorang mantan pesepakbola yang sekarang beralih profesi menjadi pelatih sepakbola profesional dan lahir ditanggal dua puluh enam (26) bulan januari tahun seribu sembilan ratus enam puluh tiga (1963) silam dikota setubal, portugal itu langsung tampil tokcer dengan membawa the blues menjuarai liga primer inggris dengan capaian poin diklasemen akhir mencapai sembilan puluh lima (95) angka, poin tertinggi yang mampu didapatkan oleh sebuah tim liga primer inggris sepanjang sejarah. Selain memenangkan gelar yang terakhir kali dimenangkan oleh chelsea sejak lima puluh (50) tahun silam tadi, jose mourinho juga mengantarkan the blues menjuarai pergelaran piala league cup ditahun pertamanya dan raihan ini sangatlah membanggakan serta melambungkan namanya ke udara berita bola indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar