Selasa, 26 Juni 2018

Gelar Yang Mampu Dimenangkan

Selain itu masih pada tahun dua ribu tujuh belas (2017) kemarin, jose mourinho juga sanggup menjadi pelatih berita bola indonesia pertama sepanjang sejarah yang telah menghabiskan biaya lebih dari satu milyar (1.000.000.000) poundsterling, atau kurang lebih sekitar delapan belas triliun (18.000.000.000.000) setela diubah kedalam nilai rupiah dimana angka ini habis untuk membeli pemain dibursa transfer baik dimusim dingin maupun musim panas. Angka ini sangatlah besar dan pengeluaran biaya besar yang dilakukan oleh seorang mantan pesepakbola yang sekarang beralih profesi menjadi pelatih sepakbola profesional dan lahir ditanggal dua puluh enam (26) bulan januari tahun seribu sembilan ratus enam puluh tiga (1963) silam dikota setubal, portugal tersebut menandakan betapa beruntungnya dirinya bisa terus melatih berbagai macam klub raksasa dengan gelontoran dana yang fantastis. Memang harus dipungkiri juga bahwa jose mourinho belumn begitu teruji kemampuannya ketika melatih tim semenjana dan porto pun saat itu terhitung memiliki deretan skuad yang sangat mumpuni.



Selanjutnya sebelum menjadi pelatih mumpuni seperti sekarang ini, jose mourinho juga sempat mengambil jurusan sains olahraga di universitas teknik lisbon, portugal dikampung halamannya serta mengikuti kursus kepelatihan yang diadakan di inggris, sebuah negara berita bola dunia yang memang terkenal dengan sejumlah klub besar yang mengikuti kompetisi lokalnya. Di lisbon, pelatih yang sempat mempersembahkan treble alias raihan tiga (3) buah gelar untuk inter milan ini bekerja sebagai seorang juru pendidikan olahraga dan ia juga sempat menukangi tim muda disamping menjadi pemandu bakat dan asisten pelatih. Dari sini bisa kita lihat lika liku perjalanan seorang jose mourinho sebelum ia bisa menjadi seorang pelatih yang mahir dalam mengasuh anak didiknya mengolah si kulit bundar diatas lapangan hijau seperti sekarang, dan kesulitan yang ia hadapi didalam hidupnya memang terlihat dari berbagai kontroversi yang timbul legenda sepakbola asal perancis.


Itulah tadi seluruh perjalanan karir mengolah si kulit bundar diatas lapangan hijau dari seorang emmanuel adebayor, baik ketika seorang pemain sepakbola profesional yang lahir tanggal dua puluh enam (26) bulan februari tahun seribu sembilan ratus delapan puluh empat (1984) silam dikota lome, togo dan mengisi posisi sebagai penyerang, sang ujung tombak serangan tim ini masih memperkuat metz, as monaco, arsenal, tottenham hotspur, manchester city, crystal palace, real madrid, hingga istanbul basaksehir sekarang di turki. Selain itu berita bola juga telah membahas mengenai kehidupan pribadi, statistik karir, serta sejumlah gelar yang mampu dimenangkan oleh pesepakbola dengan tinggi badan seratus sembilan puluh satu sentimeter (191 cm) ini. Meskipun sudah tidak lagi cemerlang karirnya, namun emmanuel adebayor masih malang melintang didalam dunia pesepakbolaan yang memang disenangi olehnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar