Minggu, 03 Juni 2018

Dipandang Sebelah Mata Juga

Pada tanggal sebelas (11) bulan juli tahun dua ribu tiga belas (2013) berikutnya, victor wanyama memutuskan untuk hengkang ke klub berita sepak bola indonesia yang merumput di liga primer inggris southampton. Kepindahan pemain sepakbola profesional yang lahir di nairobi, kenya tanggal dua puluh lima (25) bulan juni tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh satu (1991) silam dan menempati posisi gelandang bertahan ini dari celtic memakan biaya sebesar dua belas juta lima ratus ribu (12.500.000) poundsterling, atau kurang lebih sekitar dua ratus dua puluh lima milyar (225.000.000.000) setelah diubah kedalam nilai rupiah indonesia dan proses kepindahan victor wanyama ini menjadikan dirinya sebagai pesepakbola termahal yang dibeli dari liga skotlandia mengalahkan seorang aiden mcgeady yang diboyong oleh spartak moscow asal rusia ditahun 2010 kemarin dengan biaya mencapai sembilan juta lima ratus ribu (9.500.000) poundsterling, juga diboyong dari celtic. Celtic sendiri bersama dengan glasgow rangers memang menguasai jalannya liga skotlandia.


Jadi sebagai rangkuman singkatnya, pemilik dari nama lengkap victor mugubi wanyama ini adalah seorang pemain sepakbola profesional yang lahir di nairobi, kenya tanggal dua puluh lima (25) bulan juni tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh satu (1991) silam dan menempati posisi gelandang bertahan dan kini tengah memperkuat klub berita bola dunia yang berlaga dipanggung liga primer inggris, tottenham hotspur dengan mengenakan seragam bernomor punggung dua belas (12). Dengan tinggi badan yang menjulang hingga seratus delapan puluh delapan sentimeter (188 cm), victor wanyama mampu menjalankan perannya dengan sangat bagus kala mengolah si kulit bundar diatas lapangan hijau dan hal ini bisa dilihat dari perjalanan karirnya yang sangat berwarna. Ditingkat junior, victor wanyama sempat membela jmj youth academy, nairobi city stars, afc leopards, dan helsingborg sedangkan pada tingkat profesional, ia pernah memperkuat beerschot, celtic, southampton, sebelum akhirnya merapat ke tottenham hotspur seperti sekarang ini dan juga membela tim nasional kenya distadion signal iduna park.


Pada tahun dua ribu tujuh (2007) berikutnya, victor wanyama memutuskan untuk bergabung dengan helsingborg, tim mengingat prestasi berita bola yang berlaga dipanggung pesepakbolaan allsvenskan swedia sana untuk bergabung bersama - sama dengan kakaknya, mcdonald mariga. Namun tidak lama berselang ditahun dua ribu delapan (2008) selanjutnya, mcdonald mariga sendiri memilih untuk hijrah ke panggung pesepakbolaan serie a italia guna bergabung dengan parma dan disini punggawa tim nasional kenya yang sekarang memperkuat tottenham hotspur serta mengenakan seragam bernomor punggung dua belas (12) ini akhirnya memutuskan untuk pulang kembali kenegara asalnya lantaran faktor kesendirian dan kurang mampunya ia bergaul saat itu. Liga swedia sendiri memang jarang melahirkan pesepakbola handal seperti zlatan ibrahimovic namun prestasi mereka dikancah eropa dan dunia tidaklah bisa dipandang sebelah mata juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar