Selasa, 09 Januari 2018

Masih Memiliki Stamina Prima

Sekarang setelah membahas mengenai statistik berita bola yang dimiliki oleh seorang arsene wenger, kita akan beranjak ke berbagai macam penghargaan yang telah diterima oleh pelatih yang dijuluki sebagai sang profesor ini dimulai ketika dirinya masih menjadi seorang pemain sepakbola. Pertama bersama klub pertamanya as mutzig, arsene wenger berhasil membawa tim lokal tersebut menjuarai piala coupe d'alsace tahun 1971 silam dan kemudian setelah hijrah ke vauban alias mulhouse, ia juga sanggup memenangkan trofi serupa coupe d'alsace namun kali ini ditahun 1977. Masih ditahun yang sama yakni seribu sembilan ratus tujuh puluh tujuh, (1977) arsene wenger juga membawa vauban memenangkan pergelaran division d'honneur sebelum pada akhirnya ia mengakhiri karirnya sebagai pemain di strasbourg dan membawa tim itu memuncaki klasemen akhir ligue 1 perancis musim sepakbola tahun 1978 hingga 1979 serta memenangi trofi serupa ditahun 1980 pernah dicicipi oleh klub.



Selanjutnya kita akan beranjak ke deretan penghargaan berita bola dunia yang telah dimenangkan oleh arsene wenger sebagai seorang pelatih. Pertama - tama ketika ia membesut as monaco didaratan perancis, arsene wenger sanggup mengantarkan tim itu menjuarai pergelaran ligue 1 perancis dimusim sepakbola tahun seribu sembilan ratus delapan puluh tujuh (1987) hingga seribu sembilan ratus delapan puluh delapan (1988) silam. Kala itu, as monaco berhasil sebagai keluar sebagai juara setelah bercokol diperingkat teratas klasemen akhir dengan total raihan lima puluh dua poin (52) dari tiga puluh delapan pertandingan (38) dan terpaut enam (6) angka dari pesaing terdekat mereka montpellier. Raihan poin ini sangatlah kecil apabila dibandingkan sekarang dimana sebuah klub juara bisa mendulang poin total hingga sembilan puluh (90) lantaran pada saat itu, raja minyak belum beralih profesi membeli klub sepakbola tidak kunjung memberikan gelar.



Kemudian arsene wenger juga sanggup mengantarkan as monaco menjuarai turnamen coupe de france dimusim sepakbola tahun 1990 hingga 1991 silam dimana mereka berhasil menghempaskan lawannya marseille dengan skor akhir satu kosong (1 - 0) melalui gol yang dicetak oleh gerald passi dimenit ke sembilan puluh (90). Dalam laga yang digelar di parc des princes tersebut, pelatih sepakbola yang lahir di strasbourg perancis tanggal dua puluh dua (22) bulan oktober tahun seribu sembilan ratus empat puluh sembilan (1949) silam ini juga menggunakan jasa legenda sepakbola asal liberia, george weah serta pemain yang selanjutnya akan ia boyong ke arsenal, emmanuel petit. Saat itu strategi terkait olahraga sepakbola juga belum terlalu berkembang seperti sekarang ini sehingga baik as monao maupun marseille tidak mengganti tiga (3) orang pemain, batas maksimal yang diperbolehkan dalam peraturan dengan rangka untuk memainkan pemain yang masih memiliki stamina prima. Hal seperti ini kerap dipandang sebagai sesuatu yang wajib dilakukan oleh pelatih berita bola indonesia karena bisa saja keadaan semakin berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar